Pencarian

Memuat...

Sabtu, 01 Desember 2012

MENCETAK MENTAL JUARA CENDET DENGAN MASTERING ALA ANGGA



MENCETAK MENTAL JUARA CENDET DENGAN MASTERING ALA ANGGA

     Cendet merupakan jenis burung pemakan serangga sejenis jangkrik,belalang,Kupu-kupu dan beberapa reptil kecil. Bisa dikatakan, cendet merupakan hewan pemakan daging. Cendet populasinya tersebar luas diseluruh wilayah indonesia, dengan ciri khasnya yang agresif,corak hitam dibagian pangkal paruh sampai kepala. Cendet dikenal sebagai burung yang memiliki daya ingat atau daya rekam yang kuat. Jadi tak heran jika ada burung cendet yang bersuara itik,ayam bahkan terburuk yaitu suara kucing! Untuk membedakan antara cendet jantan dan betina tidaklah sulit. Jika dilihat saat umur cendet 15 hari sejak menetas, dapat dilihat ciri paling mudahnya, yaitu corak warn hitam di atas mata mulai terlihat dan tampak bulu hitam dan inilah cendet jantan. Untuk yang betina kebalikan dari penjelasan diatas, tidak tampak bulu hitam diatas mata.

     Cendet ada dua jenis: songkop dan peles. Songkop adalah cendet yang memiliki corak warna hitam pekat dari bagian depan kepala hingga bagian belakang. Sedangkan peles memili corak bulu berwarna hitam dari kepala bagian depan sampai setengah kepala, lurus tepat diatas kepala.
Namun ada juga jenis cendet berwarna putih polos. Jenis ini sudah sangat jarang ditemukan, karena populasinya sedikit dan berada di daerah terpencil.

     Oke, sekarang langsung aja ke poin utamanya,
MENCETAK MENTAL JUARA CENDET DENGAN MASTERING ALA ANGGA.
Simak Baik-baik artikel dibawah ini :

1. Langkah pertama. Pada jam 23.00(Hampir tengah malam), Mandikanlah cendet kesayangan anda dengan menggunakan semprotan burung yang biasa anda pakai pada umumnya. Ini tidak lain bertujuan untuk merangsang cendet agar mau bersuara dan membangun mentalnya.
2. Selesai disemprot / dimandikan, berilah pakan jangkrik sebanyak mungkin, kalau perlu fullkan wadah yang tersedia didalam sangkar cendet. Ingat buang kaki belakangnya(agar tidak tersendak) dan anda tidak perlu Hitung-hitungan soal jumlah pakan jangkrik yang anda berikan pada cendet anda. Kenapa? Karena pada saat dapat dua atau tiga hari, cendet akan mulai bosan sendiri dengan jangkrik yang anda berikan(jumlah banyak). Nah pada waktu inilah anda dapat mengatur jumlah jangkrik yang akan anda berikan pada cendet anda hingga waktu kedepan.
3. Gantung sangkar cendet anda pada tempat yang sedikit bercahaya lampu(agar cendet dapat melihat pakan jangkrik). Tidak perlu dikerodong(ditutup kain) sampai jam 04.00(subuh). Masterlah cendet anda dengan suara burung juara seperti Love Bird, Kenari, Cucak Ijo Dan dengan suara jangkrik. Untuk melatih daya rekam/ingatan burung cendet anda.
4. Pada jam 04.00 tutup sangkar cendet anda(Dikerodong) sampai jam 07.30(saat matahari mulai panas).
5. Jam 07.30, Jemurlah cendet anda sampai merasa haus(kepanasan) tanpa dimandikan atau disemprot lagi. Berilah pakan jangkrik seperti petunjuk atau langkah pada No.2 di atas. Selesai dijemur taruh ditempat teduh sampai jam 11.00 setelah itu dikerodong lagi disertai dengan mastering suara sampai jam 16.30(sore).
6. Keluarkan cendet anda(tentunya beserta sangkarnya)  pada jam 16.30 disertai dengan pakan jangkrik pada langkah No.2 dan tidak usah Lama-lama sekitar 30 menit sudah cukup. Ini agar cendet anda tidak setres Seharian dikerodong, dengan melihat suasana senja.
7. jam 17.00(sore) kerodong lagi cendet anda disertai dengan mastering suara sampai jam 23.00 saat cendet waktunya dimanadikan(Seperti langkah No.1). Atur secara rutin langkah ini sampai cendet anda memiliki mental yang kuat dan mental juara tentunya.

Cukup sekian artikel dari saya, Semoga cendet kesayangan anda menjadi cendet yang memiliki mental juara dan siap untuk di adu diatas panggung kicau mania. Perlu anda ketahui cara diatas sudah pernah saya terapakan pada cendet milik saya sendiri dan hasilnya luar biasa memuaskan.

Buat para pembaca silahkan tuangkan komentar anda.
SALAM KICAU MANIA.

7 komentar:

  1. Om cendet pnyaku,kpla htam! Umur 9 blanan,tp warna blunya sdah kyak cendet dwasa,sempurna! Pagi siang sore,gacor! Siang g prnah tk krodong,hny malam! Alasan knp bnyak cendet mania,klu siang dikrodong,mnrutku tmbh stres! Mgkn klu bt cendet tangkapan liar,cocok! Klu lolohan dr kecil mungkn g prlu kyaknya! Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung karakter dan situasi lingkungan masing2 burung sepertinya om. Tinggal kita yg harus paham betul.

      Hapus
  2. Om artikel di atas bs juga ga membuat cendet yg blum bersuara/kadang2 ( bawaannya) jd gacor owor2?(pemula)....mksh om

    BalasHapus
  3. obots....
    maaf baru balas,
    Bisa mas, Silahkan saja diterapkan.

    BalasHapus
  4. Klo mndi jam 11 malam tp dkrodong lg pas bulu kering blh ga tu om? Tkt'a jam 4 pg msh tdr..

    BalasHapus
  5. Klo crndet saya Udah umur 5 bulan kacor nya msh ga jelas entah burung apa yg ditirukanya.. Tp dlu sya punya cendet umur 6 bulan udah bisa semua jenis burung dibawakanya tp dlu cendet saya sering di keluarin seakan2 kaya burung liar ..beda sma yg sekarang karna saya di jakarta jadi saya kandang terus

    BalasHapus
  6. Klo burung cendetnya gk rontok bulunya bisa masuk t pas masteringnya?

    BalasHapus